Senin, 28 Februari 2011

KASUS BULLY DI SEKOLAH

Yeuhaha finally i can post in this blog again :D now i want to re-tell about BULLY. kasus bully nggak cuma berlaku antar murid saja tapi bisa juga dilakukan guru di sekolah mu. so kamu wajib waspada guys. hal pertama yang mesti kamu lakukan adalah
CARI TAHU :
apakah guru di sekolah mu tukang bully ? sebagai guru udah jadi tugas mereka dooong memberikan contoh yang baik kepada siswa siswi nya. tapi ada juga guru yang mungkin udah melakukan tindakan bully pada murid nya. seperti :
- mengancam saat siswa nggak bikin tugas atau lupa membawa buku
- memberikan hukuman fisik setiap kali siswa di anggap bersalah
- menyuruh siswa lain untuk meneriaki/melakukan sesuatu pada siswa tertentu karena suatu alasan

EFEK NYA ADALAH :
- suasana belajar di kelas jadi resah
- siswa yang jadi korban jadi trauma
- guru pem-bully merasa punya otoritas untuk melakukan apa yang dia mau

AT THE HEAT OF THE MOMENT
saat kita dan teman teman sekolah mengalami atau melihat situasi dimana seorang guru sedang mem-bully seorang siswa sebaiknya ..
- minta sang guru untuk nggak melakukan sikap mengancam atau menyiksa secara fisik
- bilang kalau kamu dan teman teman yang lain merasa keberatan dengan sikap guru tersebut
- kalau guru tersebut masih tetap melanjutkan sikap buruknya itu, segera laporkan ke kepala sekolah atau guru lain nya yang bisa dipercaya

tindakan bully oleh sesama siswa sekolah atau pun guru udah melanggar UU No.23 Tahun 2002 pasal 54 yang bunyinya: Anak di dalam dan di lingkungan sekolah wajib di lindungi dari tindakan kekerasan yang dilakukan oleh guru, penghelola sekolah atau teman teman nya di dalam sekolah yang bersangkutan atau lembaga pendidikan lain nya.

0 komentar:

Poskan Komentar